Laman

Selasa, 02 Mei 2017

Penyebab sembelit atau susah BAB setelah melahirkan

Mengapa saya sembelit sekarang setelah melahirkan? Bahkan jika Anda tidak pernah memiliki masalah dengan sembelit selama kehamilan, Anda mungkin sekarang. Tapi beri diri Anda beberapa hari setelah melahirkan untuk memulai buang air besar secara teratur lagi.

Penyebab sembelit atau susah BAB setelah melahirkan




Jika Anda memiliki persalinan yang panjang tanpa makan apapun, atau jika Anda memiliki buang air besar atau enema selama persalinan, mungkin satu atau dua hari sampai Anda kembali normal karena tidak ada sesuatu di usus Anda. Dan jika Anda memiliki c-section, diperlukan waktu tiga atau empat hari agar usus Anda mulai berfungsi seperti biasa.

Baca juga : Obat susah buang air besar

Melanjutkan masalah menggerakkan perut Anda setelah itu bisa dari:


  • Mengambil narkotika sistemik (seperti morfin, Vicodin, atau Percocet) selama persalinan atau untuk rasa sakit pascamelahirkan karena ini dapat memperlambat sistem pencernaan Anda.
  • Memiliki perineum yang sakit karena wasir, episiotomi, atau air mata. Hal ini dapat menyebabkan sembelit jika Anda takut akan rasa sakit atau ketegangan pada jahitan Anda sehingga menyebabkan Anda menahan kotoran Anda.
  • Mengambil suplemen zat besi (yang mungkin ada dalam vitamin prenatal Anda).

Konstipasi kemungkinan besar akan hilang dalam beberapa hari, terutama jika Anda mengambil langkah untuk memperbaiki masalah.

Apa yang bisa saya lakukan tentang sembelit?


Berikut adalah beberapa tip untuk mencegah dan mengurangi sembelit:
  • Jangan menunggu untuk pergi ke kamar mandi saat Anda merasakan dorongan untuk menggerakkan perut Anda, meski mungkin tidak nyaman beberapa kali pertama. Menunggu membuat tinja Anda lebih kering dan sulit dilewati.
  • Makan makanan berserat tinggi seperti sereal gandum utuh dan roti, beras merah, dan kacang serta buah dan sayuran segar setiap hari.
  • Bawa botol air dan minum banyak air. Segelas jus buah setiap hari, terutama jus prune, juga bisa membantu. Beberapa orang merasa bahwa minum cairan hangat segera setelah terbangun membantu menyelesaikan sesuatu.
  • Jalan-jalan. Berjalan mungkin menyakitkan pada awalnya, terutama jika Anda pulih dari c-section atau episiotomi, tapi bahkan perjalanan singkat di sekitar blok bisa membuat perut Anda lamban masuk ke gigi.
  • Tanyakan kepada petugas kesehatan Anda apakah Anda harus minum pelunak tinja atau pencahar, dijual di atas meja di apotek manapun. (Pelunak feses meningkatkan penyerapan air dalam tinja, sementara obat pencahar merangsang tinja melewatinya.) Anda harus segera meminum pelunak tinja jika memiliki air mata yang meluas ke dalam atau melalui sfingter Anda. Pelunak feses juga membantu jika Anda menderita wasir atau mengonsumsi suplemen besi dosis tinggi untuk anemia atau narkotika untuk menghilangkan rasa sakit.

Jika keadaan tidak membaik dalam beberapa hari, bicarakan dengan penyedia Anda. Dia mungkin memiliki rekomendasi tambahan untuk Anda coba, atau mungkin dia perlu melakukan disimpaction manual, yaitu prosedur untuk memecah bangku yang dikepang dengan jari yang dilapisi dan dilumasi.

Apakah sembelit pernah serius?

Biasanya tidak, tapi kadang kala bisa menjadi gejala masalah lain. Hubungi penyedia Anda segera jika Anda memiliki lendir atau darah di tinja Anda, atau jika Anda mengalami konstipasi parah disertai nyeri perut dan bergantian dengan diare.

Selain itu, tegang selama buang air besar atau melewati tinja keras bisa menyebabkan atau memperburuk wasir. Wasir mungkin menyusut dengan cepat, atau mungkin bertahan selama berbulan-bulan pascapersalinan. Terkadang gejala ambeien bisa hilang dan berkurang selama bertahun-tahun. Meskipun wasir bisa sangat tidak nyaman, mereka jarang menimbulkan masalah serius.

Penyebab sembelit atau susah BAB setelah melahirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar